Beranda | Artikel
Sebuah Langkah Kecil
Rabu, 1 Maret 2017

Bismillah. Wa bihi nasta’iinu.

Tidaklah diragukan tentang keutamaan berdakwah di jalan Allah. Karena orang yang berdakwah di jalan Allah sedang mengucapkan kalimat-kalimat yang terbaik.

Seperti yang disebutkan dalam ayat (yang artinya), “Dan siapakah yang lebih baik ucapannya daripada orang yang menyeru ke jalan Allah dan beramal salih, dan dia berkata ‘Sesungguhnya aku termasuk kaum muslimin’.” (Fushshilat : 33)

Dakwah inilah jalan para nabi dan rasul beserta pengikut setia mereka. Allah berfirman (yang artinya), “Dan sungguh Kami telah mengutus kepada setiap umat seorang rasul yang menyerukan; Sembahlah Allah dan jauhilah thaghut.” (an-Nahl : 36)

Mengajak manusia untuk mentauhidkan Allah. Inilah jalan Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para pengikutnya yang setia. Allah berfirman (yang artinya), “Katakanlah; Inilah jalanku, aku menyeru menuju Allah di atas bashirah/hujjah yang nyata. Inilah jalanku dan orang-orang yang mengikutiku…” (Yusuf : 108)

Oleh sebab itu membangun kerjasama dan bahu-membahu di dalam dakwah menegakkan kalimat tauhid merupakan tugas mulia yang harus kita tunaikan bersama. Kita telah diperintahkan oleh Allah untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Kita juga diperintahkan oleh Allah untuk saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran. Kita diperintahkan untuk berjuang di jalan Allah dengan sebenar-benar perjuangan. Kita pun diperintahkan untuk berjihad dengan harta dan jiwa-jiwa kita.

Dan diantara bentuk perjuangan di jalan Allah itu adalah mendirikan rumah-rumah Allah atau masjid. Yang di dalamnya akan ditegakkan sholat lima waktu dan dakwah tauhid. Yang di dalamnya akan diajarkan al-Qur’an dan Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Membangun masjid karena Allah sungguh keutamaan yang sangat besar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membangun masjid karena Allah niscaya Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah/istana di dalam surga.” (HR. Bukhari)

Ya, bisa jadi sebuah masjid sederhana yang ikut anda dirikan di atas muka bumi ini menjadi amalan yang akan memperberat timbangan kebaikan anda kelak di hadapan Allah. Bisa jadi sebuah masjid yang ikut anda dirikan akan menjadi pusat perkembangan dakwah Islam di tengah masyarakat. Bisa jadi masjid yang ikut anda dirikan itu adalah tempat bersemainya generasi penerus perjuangan umat dan pemegang estafet kemuliaan bangsa. Janganlah anda remehkan kebaikan walaupun hanya sedikit. Apalagi membangun masjid bukanlah amalan yang sepele. Sebuah amalan yang sangat mulia di hadapan Allah jika pelakunya ikhlas beramal untuk-Nya.

Insya Allah Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI) akan membangun sebuah masjid untuk memenuhi keinginan masyarakat di dusun Donotirto desa Bangunjiwo kecamatan Kasihan kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Masjid ini akan dibangun di atas sebidang tanah yang diwakafkan oleh dua orang donatur -semoga Allah membalas kebaikan mereka dengan sebaik-baik balasan- dan proses pengurusan tanah wakaf sedang dilakukan -semoga Allah berikan kemudahan kepada panitia-.

Kegiatan YAPADI alhamdulillah telah berjalan di daerah sekitar kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam bentuk kegiatan kajian rutin Ma’had al-Mubarok (www.al-mubarok.com) dengan pemateri antara lain : Ust. Afifi Abdul Wadud, Ust. M. Romelan, Lc, Ust. Amir as-Soronji, Lc. M.Pd.I, Ust. Aris Munandar, M.PI, dan lain-lain. Kajian diadakan di masjid-masjid dan terbuka untuk umum. Alhamdulillah program kajian-kajian ini juga rekan-rekan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Studi Islam Mahasiswa (FORSIM) dan teman-teman yang berada di wisma muslim al-Mubarok dan wisma Shofiyyah. Sebagian donatur juga telah menyediakan beberapa buah rumah untuk dijadikan sebagai wisma muslim untuk para mahasiswa dan penimba ilmu agama. Semoga Allah membalas kebaikan mereka dengan sebaik-baik balasan di sisi-Nya. Ini semua adalah anugerah dan cobaan dari Allah kepada kita; apakah kita termasuk hamba yang bersyukur ataukah justru kufur kepada-Nya…

Oleh sebab itulah dalam kesempatan yang berharga ini kami mengajak kepada segenap kaum muslimin yang memiliki kelapangan harta untuk membantu proses pembangunan masjid Graha al-Mubarok ini. Insya Allah masjid ini akan menjadi salah satu tempat berkembangnya dakwah Islam dan sarana untuk membina generasi muda umat Islam. Bagi anda yang berminat untuk ikut serta menyisihkan sebagian rezeki yang Allah berikan untuk pembangunan masjid ini silahkan mengirimkan donasi melalui rekening yang tercantum di bawah ini :


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/sebuah-langkah-kecil/